UI Greenmetric, Tim Satgas Studi Banding

ui-greenmetric-ittelkom-jakarta

Bandung, Jum’at 25 Maret 2022, hari ini adalah hari kali pertama perwakilan tim UI Greenmetric 2022 IT Telkom Jakarta kunjungan kerja ke ‘kakak kandung’ nya (Telkom University). Tel-U yang beralamat Jl. Telekomunikasi No. 1, Terusan Buahbatu – Bojongsoang, Sukapura, Kec. Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40257 alhamdulilah perjalanan lancar yang perjalanannya start ba’da shubuh, dengan istirahat 1x rest area KM 72.

Seperti kita ketahui, UI GreenMetric adalah salah satu program dari Universitas Indonesia. UI GreenMetric menilai universitas berdasarkan komitmen dan tindakan universitas terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan. Pemeringkatan berdasarkan kepedulian universitas pada 6 kriteria dengan 82 indikator di tahun 2021 meliputi :

  1. Pengaturan Lahan dan Infrastruktur (Setting and Infrastructure): berbagai pengaturan gedung dan lingkungan universitas dalam menuju lingkungan hijau.
  2. Energi dan Perubahan Iklim (Energy and Climate Change): Perhatian universitas terhadap penggunaan energi, alternatif energi dan masalah perubahan iklim.
  3. Sampah (Waste) : Perlakuan dan daur ulang sampah dan limbah yang ada di universitas.
  4. Air (Water): Program universitas untuk menghemat penggunaan air.
  5. Transportasi (Transportation) : Program universitas untuk transportasi ramah lingkungan.

Edukasi (Education): Peranan Universitas dalam membina generasi hijau, dengan pendidikan, penelitian, dan aktivitas penunjang.

ui-greenmetric-ittelkom-jakarta

Pertemuan yang dihadiri dengan suasana sersan (serius tapi santai) dari Tel U oleh Pak Taufan Umbara (Direktur Logistik dan Aset), pak Aris Hartaman (Kabag Logistik dan Aset) dan dari ITTelkom Jakarta pak Agus Achmad Suhendra (Rektor), pak Daduk Merdika Mansur (Wakil Rektor II), Bu Husna Rahmi (Kabag SDM, Keuangan, Logistik), Ahmad Fauzi Maryadi (Kaur Logistik & UPT), Bu Syifa Nurgaida Yutia (KK Data Computing and Design), Bu Dwina Satrinia (Dosen Informatika), Pak Reza Ramadhani Firman (Dosen DKV).

Selain best practice apa saja implementasi UI Greenmetric di tahun 2021, ITTelkom Jakarta juga diberikan kesempatan untuk keliling area Green House nya Tel U, ditemani oleh Pak Aris, kami ‘berwisata’ keliling kampus Tel U, naik odong-odong 🙏🏻😁.

6 indikator penilaian Tel U dengan tim yang solid, terdiri dari dosen dan TPA (Tenaga Penunjang Akademik) ditambah dengan support dana yang cukup semoga bisa sebagai masukan berharga bagi ITTelkom Jakarta.

Terimakasih

AFM

 

https://greenmetric.ittelkom-jkt.ac.id/

 

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

ELECTRIC MOTORS IN INDONESIA

The Development of Electric Motors in Indonesia Indonesian Institute of Sciences (LIPI) where the engine driving a conventional car was replaced with an electric motor-powered drive.

Read More »