Snapshot Penelitian Akademi Telkom Jakarta 2010 -2018

Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta atau selanjutnya disebut Akademi Telkom  Jakarta sejatinya sudah melakukan penelitian dan pengabdian mayarakat sejak tahun 2010. Berdasarkan data hasil luaran penelitian di Jurnal ICT Akademi Telkom Jakarta, para Dosen Tetap mempublikasikan penelitannya hasil kerjasama dengan para mahasiswa bimbingannya dan dipublikasikan di jurnal ICT sejak tahun 2010 sampai dengan tahun 2018. Jurnal ICT tersebut masih bersifat versi cetak sampai tahun 2018. Untuk pengabdian masyarakat Akademi Telkom melakukan kerjasama dengan unit Admisi berupa kunjungan dan pelatihan di beberapa sekolah di Tangerang.

Penelitian Akademi Telkom Periode 2019 – 2020

Pada awal tahun 2019, Lembaga Penelitan dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Akademi Telkom melakukan beberapa perubahan program kerja menjadi sistematis dan terukur untuk meningkatkan penelitian dan Abdimas yang begerak tidak hanya pada tataran lokal Akademi Telkom Jakarta, beberapa luaran penelitian dan program ditahun 2019 adalah sebagai berikut:

1. Perubahan Jurnal ICT menjadi Jurnal Online JICT

Perubahan Jurnal sangat perlu dilakukan di tahun 2019, berdasarkan hasil kajian dan observasi Jurnal ICT masih bersifat versi cetak dan tidak menerapkan standar proses bisnis reviewer sampai dengan proses publikasi, sehingga pada bulan Maret 2019 Jurnal ICT resmi dimigrasi menjadi Jurnal Informatics and Information Technology (JICT) yang bersifat Fully Online menggunakan platform Open Journal System (OJS 3). Chief Editor Jurnal JICT Ade Rahmat Iskandar memaparkan, perubahan ini sangat diperlukan supaya Jurnal JICT dapat diakreditasi Sinta pada tahun 2021. Jurnal JICT diterbitkan setahun dua kali pada bulan Juni dan Desember. Pada Volume 1 No. 1 Juni 2019 Jurnal JICT menerbitkan 7 paper yang terdiri dari para Peneliti /Dosen Luar Akademi Telkom yaitu dari Universitas Mercbuana, STT PLN dan Universitas Pamulang, sampai saat ini Jurnal JICT sudah menerbitkan volume 2 No. 2 tahun 2020.

2. CENTIS 2019

Pada tahun 2019, Conference on Telamatics and Information Society yang merupakan ajang Call for Papers dan Seminar Nasional pertama Akademi Telkom Jakarta digulirkan pada bulan Juni 2019 dengan menhadirkan keynote speaker Ass. Prof DR. Eng. Khoirul Anwar yang merupakan pakar dibidang 4G dan 5G. program ini diikuti oleh 52 Pemakalah yang tediri dari Dosen dan para mahasiswa Akademi Telkom Jakarta, selanjutnya luaran dari penelitan tersebut dipublikasikan di Jurnal Ilmiah JICT untuk para Dosen dan Jurnal e-MIT khusus untuk publikasi ilmiah penelitan mahasiwa dari hasil proyek akhir yang sedang atau sudah diambil.

3. Pembentukan Jurnal e-MIT (Jurnal Khusus Mahasiswa)

Terinsfirasi dari e-Proceeding Universitas Telkom untuk luaran publikasi Skripsi Mahasiswa, maka pada tahun 2019 dibentuklah Jurnal e-MIT (e-Journal Mahasiwa ITTelkom Jakarta), Chief Editor Ade Rahmat Iskandar memfasilitasi Jurnal Ilmiah awalnya untuk diproyeksikan sebagai luaran publikasi ilmiah mahasiswa IT Telkom Jakarta (Towards IT Telkom Jakarta). Alhamdulillah sampai saat ini Jurnal e-MIT sudah mempublikasikan lebih dari 21 paper untuk dua volume sebagai luaran dari Proyek Akhir (PA) para mahasiwa Akademi Telkom Jakarta program studi D3 Teknik Telekomunikasi.

4. Inisialisasi Penelitian dengan LemdikTi Telkom 

Untuk meningkatkan performansi penelitan lebih terbuka, pada tahun 2019 sudah mulai diinisialisasi penelitian dalam Join Author dalam program International Conference Terindeks dengan Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Dari hasil kerja sama ini, Alhamdulillah pada tahun 2019 terdapat dua luaran dari Akademi Telkom Jakarta dan ITTelkom Purwokerto berupa dua paper yang dipublikasiskan dalam Proceeding Internasional Terindeks Antlatis Press yang merupakan lanjutan dari Brawijaya International Conference on Multidisciplinary Sciences and Technology 2020 (BICMST 2019).

5. Inisialisasi Penelitian dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri

Pada tahun 2019 mulai diimplementasikan kerjasama berupa join Author dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan University Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). Alhamdulilah dari kerjsama ini mempublikasikan satu paper diterbitkan di Jurnal JAVE UTHM, dan satu paper di Proceeding International Atlantis Press.

6. Inisialisasi Abdimas Desa Binaan

Pada tahun 2019 sudah diinisialisasi program desa binaan yang bertempat di purwakarta, Jawa Barat, desa binaan ini dipilih oleh LPPM Akademi Telkom Jakarta, mengingat desa tersebut memiliki potensi wisata yang baik dan menjadi salah satu desa yang terisolasi sejak dibukanya jalur Tol Jakarta-Cipularang. 

Periode Penelitian Akademi Telkom Periode 2020 – Sekarang

Pada tahun 2020 penelitan, inovasi dan Abdimas menunjukan tingkat signifikansi yang tinggi. Meskipun dibulan Maret memasuki masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk kota DKI Jakarta sehingga membuat beberapa program LPPM menjadi terkendala terutama beberapa program yang memerlukan visit on site, tetapi disisi lain terdapat program peningkatan penelitan, Abdimas dan Inovasi yang signifikan, berikut adalah beberapa program luaran penelitan, Inovasi dan Abdimas tersebut :

1. Luaran Publikasi di Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Alhamdulilah, di tahun 2020 ini Akademi Telkom mempublikasi luaran di Jurnal Internasional terindeks Scopus Q1 dengan peneliti Indra Chandra, dan satu paper dipublikasikan di Jurnal Q3 hasil kolaborasi peneliti Cahyantri Ekaputri dan Alva Nurvina Sularso. Hal ini menunjukan tingkat luaran penelitian yang menggembirakan dan semoga di tahun 2021 dan selanjutnya banyak Dosen di IT Telkom Jakarta Insya Allah yang publikasi di Jurnal Internasional Terindeks.

2. Publikasi di International Conference Terindeks

Di tahun 2020 ini, alhamdulilah terdapat enam luaran publikasi di proceeding internasional terindeks database bereputasi diantaranya terindeks IEEE, Scopus dan ACM. Beberapa peneliti yang mempublikasikan di International Proceeding Terindeks tersebut adalah Indra Chandra, Cahyatari Ekaputri, Ade Rahmat Iskandar, dan Yus Natali.

3. Hibah Eskternal Telkom University & Akatel Jakarta

Alhamdulilah, ditahun 2020 ini, Akademi Telkom Jakarta mendapat hibah penelitan dalam skema Pekerti Universitas Telkom dan Akademi Telkom Jakarta untuk dua penelitan yaitu Incenerator dan Hydroponic. Dari tim Universitas Telkom dan Akademi Telkom kedua kelompok tersebut terdiri dari anggota (Suwandi, Indra Chandra, Muhamad Ramdani, Ade Rahmat Iskandar, Ade Nurhayati dan Suyatno).

4. Program Abdimas 

Program pengabdian pada masyarakat di tahun 2020 ini dilaksanakan sebanyak 21 program yang terdiri dari program Abdimas tanggap covid-19 pada bulan Juni 2020 (pembagian 100 Hand sanitizer Akatel, pemberian sembako untuk lebih dari 100 KK di Bogor dan Tangerang, pembagian 500 Masker bagi Warga Depok dan Tangerang, dan pembuatan Hand Sanitizer Berbasis Sensor Otomatis (HSBI) yang diimplementasikan di Rumah Sakit di Cibinong dan Bogor). Program Abdimas lainnya adala pemberian Webinar Media pembelajaran Digital bagi para Guru di Jakarta Barat.

5. Program Abdimas Telkom (Innovillage 2020)

Alhamdulilah,di tahun 2020 ini pun, Akademi Telkom Jakarta dengan kolaborasi unit BAK dan LPPM berhasil mendapat pendanaan Abdimas Telkom dalam program Innovillage untuk 5 kelompok yang didanai. Beberapa kelompok mahasiwa dan Dosen mengimplementasikan program Abdimas di mas a pandemi covid-19 untuk membatu desa-desa yang terdampak pandemi covid dengan memberikan solusi digital bagi para warga di desa tersebut. Beberapa kelompok tim Innovillage Akademi Telkom Jakarta adalah :

     a. Tim Dynamic Digital Learning (DDL)

Tim DDL ini dibimbing oleh Ade Rahmat Iskandar, dengan tim DDL yaitu Ketua Aditya Bagus Putra Erlangga dan anggota Fajar Dwi Sulistyo dan Bowi Bintang Pamungkas. Program ini diimplementasikan di desa bantarujeg di Majalengka, Jawa barat dengan dibuatkannya website dan hosting oleh tim DDL. Di SMU Negeri 1 Bantarujeg, tim DDL mengajarkan kepada lebih dari 50 Guru yang terdiri dari Para Guru dari SMUN 1 Bantarujeg, SMPN 1 Bantarujeg, dan SMK Alfarizi. Beberapa permasalahan yang dibantu solusi permasalahannya adalah penggantian router Indihome berkolaborasi dengan Telkom Majalengka, pengajaran cara pembuatan konten digital, pembuatan materi ajar dengan LMS edmodo dan pembuatan LMS e-Learning smun1bantarujeg berbasis Moodle.

     b. Tim Exinocero

Tim Innovillage “Exinocero” Rancang Bangun Sistem Penjernihan dan Pengaliran Air Sungai Berbasis Biosand Filter” dengan Dosen Pembimbing Nadia Media Rizka, ST, M.Eng, ST, MT. Dan ketua tim innovillage Exinocero Ilham Gumilang, dan anggota lainnya Syifa Aulia, dan Assifa Putri Fauziah, mendatangi secara on site Desa Margalayu Kecamatan Serang, Banten tepatnya di sungai Ci Banten pada tanggal 7 November 2020 sebagai bagian dari program Innovillage dari PT. Telkom Indonesia dan lemdikti YPT Telkom.

     c. Tim SMD

Tim Innovillage ketiga dari Akademi Telkom Jakarta yaitu “SMD” membuat Social Project yang bertema “Upaya Pemberdayaan Pondok Pesantren Melalui Digital Marketing Menggunakan Website”. Tim SMD dibimbing oleh Suyanto, S.T., M.T. dan terdiri dari anggota Mega, Adelia dan Haliza.

     d. Tim Maximoff

Tim ke empat dari Akademi Telkom Jakarta yaitu “Maximoff” yang diketuai oleh Wahid Nur Hamid dan 2 anggota lainnya yaitu Tigar Isya Prasta, dan Marshal Hidayat dibimbing langsung Oleh Direktur Akademi Telkom Jakarta Bapak Dr. Eng. Indra Chandra, M.Si. program pembuatan Solar Panel atau tenaga listrik berbasis surya ini sangat membantu bagi masyarakat terpencil didaerah Kalimantan yang belum mendapat pasokan listik dari PLN.

     e. Akatel 4.0

Tim Innovillage “Akatel 4.0 Pemberdayaan Masyarakat Menuju Digitalisasi Industri Tahu dan Tempe” dengan Dosen Pembimbing M.Roihan, ST, MT. Dan ketua tim innovillage Akatel 4.0 Raisa Nur Afifah, dan anggota lainnya Nabilla Ramadhani Mantang, dan Annisa Tuljannah, mendatangi secara on site Desa Gondrong, tepatnya pada pabrik tahu dan tempe yang dikelola oleh warga di desa tersebut sebagai domain program Innovillage dari PT. Telkom Indonesia dan Lemdikti YPT Telkom.

6. Program Unggulan Penelitan Dosen

Program unggulan ini merupakan program pendanaan untuk hibah penelitan yang didanai pihak eskternal dengan mendapatkan dana pendamping dari internal LPPM Akademi Telkom Jakarta. Beberapa jenis program unggulan tahun 2020 ini adalah :

     a. AQMS (Air Quality Management System)

Program penelitan ini diprakarasi oleh Dr.Eng. Indra Chandra, M.SI. yang merupakan Direktur Akademi Telkom Jakarta. Penelitian ini akan menciptakan produk berupa alat/produk yang dapat mengukur tinkat polusi yang ada di Jakarta. Penetian ini sudah diimplementasikan pula di Kota Bandung.

     b. GPR (Ground Penetrating Radar)

Penelitian ini diketuai oleh Ilfiyantry Intias, S.T., M.T. , Nadia Media Riza, M.Eng. dan Pietra Dorand, M.Pd. program penelitan ini merupakan luaran dari pendanaan hibah mono tahun 2019 yang mendapat pendanaan dari RistekBrin dan di tahun berikutnya akan dibuatkan prototype produk GPR tersebut.

     c. Digiscience.id

Digiscience.id merupakan e-education yang bersifat publik. Program ini merupakan platform pembelajaran digital dijenjang dan bidang perguruan tinggi. Program ini diprakarsai oleh Ade Rahmat Iskandar, program ini alhandulilah mendapatkan pembantuan pendanaan dari Akademi Telkom Jakarta, program ini diharapkan di awal tahun 2021 sudah dapat berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *