Menyambut Peringatan Hari Kavaleri Tahun 2022

Kavaleri angkatan darat muncul pada masa perang kemerdekaan yang melibatkan pemuda Indonesia. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah sejarah singkat dicetuskannya Hari Kavaleri. Kavaleri (berasal dari bahasa Latin caballus dan bahasa Prancis chevalier yang berarti “kuda”) atau pasukan berkuda adalah istilah yang pada awalnya mengacu kepada pasukan perang khusus yang bertempur dengan mengendarai kuda sambil mengangkat senjata, namun pada saat ini juga merujuk pada pasukan militer khusus yang bertempur menggunakan kendaraan lapis baja atau tank.

kavaleri dibagi menjadi dua, yaitu kavaleri lapis baja yang mengendarai tank dan kavaleri berkuda yang mengunggangi kuda. Namun saat ini, kavaleri berkuda hampir tidak pernah digunakan dalam perang dan militer. Tepat pada hari Rabu, 9 Februari 2022, masyarakat kita merayakan hari Kavaleri Indonesia yang ke – 72. Peringatan ini bertujuan untuk mengingat para pejuang pertempuran para kavaleri Indonesia. Secara istilah, Kavaleri adalah pasukan khusus pertempuran yang mengendarai kuda. Namun, seiring berjalannya waktu, kavaleri menjadi sebutan bagi pasukan khusus yang mengendarai tank atau panser.

Pasukan kavaleri memiliki peranan sebagai satuan yang mampu bergerak dengan cepat dalam skala yang cukup besar sekaligus berfungsi sebagai penyerang kejut atau pendobrak yang akan membuka jalan bagi pasukan infanteri. Pasukan kavaleri pada zaman Yunani Kuno seperti (phalanx dan legion) dianggap sebagai pasukan elit karena kemampuannya yang mampu mendobrak baris pertahanan musuh dengan cepat dan mematikan. Status elit ini juga disebabkan keadaan ekonomi dan sosial pada masa itu dimana hanya kaum bangsawan, tuan tanah, dan para ksatria yang boleh dan mampu membeli kuda. Dari informasi sejarah terdahulu kavaleri memiliki keunggulan di mobilitas. Pada abad pertengahan kuda sangat banyak dan dimanfaatkan oleh bangsa Mongolia. Oleh karena itu taktik yang digunakan pasukan Mongol seperti serang & lari sangat mematikan. Hal ini dibantu oleh kecakapan orang Mongolia yang ahli memanah sambil mengendarai kuda untuk menaklukkan musuh.

https://pussenkav.mil.id/index.php/about-us/1-sejarah-singkat.html

https://www.unews.id/news/pr-2882621810/sambut-hari-kavaleri-indonesia-2022-berikut-ulasan-singkat-sejarahnya

https://id.wikipedia.org/wiki/Kavaleri

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya