Incinerator Institut Teknologi Telkom Jakarta

incinerator ITTJ

Di lingkungan kampus, harus terasa nyaman dan asri sehingga membuat betah para mahasiswa dan civitas akademik yg lain. Di Institut Teknologi Telkom Jakarta (IT TELKOM Jakarta) kampus A banyak ditanami pohon mangga yang selain membuat teduh juga menghasilkan buah. Karena banyaknya pohon dan tanaman di lingkungan kampus, maka setiap harinya menghasilkan limbah organik seperti daun dan ranting kering dalam jumlah banyak. Secara konvensional, sampah daun dan ranting tersebut dapat dibakar secara langsung, namun akan menimbulkan polusi udara dan bau dari asap yang ditimbulkan. IT Telkom Jakarta bekerja sama dengan Telkom University dalam mengurangi polusi udara akibat dari pembakaran sampah dengan cara menggunakan mesin incinerator.

Mesin Incinerator merupakan mesin pengolah limbah berbentuk padat dan dioperasikan dengan memanfaatkan teknologi pembakaran pada suhu tertentu. Teknologi ini merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi timbunan limbah. Incinerator lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan pengolahan limbah dengan cara dibakar secara langsung, karena pada prosesnya tidak menghasilkan asap, proses pengolahan limbah yang cepat serta dapat menghasilkan panas yang jika dikembangkan lagi dapat menghasilkan energi listrik dari energi panas yang dihasilkan oleh mesin incinerator ini. Bagian incinerator terdiri atas : motor blower, corong untuk memasukkan limbah, ruang bakar, pompa air, serta cerobong udara. Mesin insinerator tidak hanya membakar limbah organik, tetapi juga bisa untuk membakar kertas, dan plastik.

Dosen TelU & ITTJ

Dosen Tel U dan dosen IT Telkom Jakarta

Pengoperasian incinerator dalam membakar sampah juga terbilang mudah. Langkah pertama yaitu inisiasi api untuk proses pembakaran dengan cara membakar sedikit sampah organik pada tabung pembakaran (Gambar 3). Jika api sudah mulai menyala, maka, tabung pembakaran ditutup dengan sempurna. Kemudian atur oksigen yang masuk ke tabung pembakaran agar api tidak mati dengan menggunakan blower (Gambar 4). Selanjutnya masukkan sampah yang akan diurai pada lubang sampah (Gambar 5) serta jangan lupa untuk menyalakan pompa air agar tidak ada asap yang dihasilkan. Sampah akan habis menjadi abu dalam waktu singkat. Air yang bercampur abu akan masuk ke dalam tabung penyaring air, dan air yang sudah tersaring dialirkan kembali ke incinerator (Gambar 6). Jika semua sampah sudah terbakar, matikan pompa serta blower yang ada pada mesin incinerator.

Inisiasi api pada tabung pembakaran

Inisiasi api pada tabung pembakaran

Motor Blower untuk mengatur supply oksigen ke tabung pembakaran

Motor Blower untuk mengatur supply oksigen ke tabung pembakaran

Memasukkan sampah ke incinerator

Memasukkan sampah ke incinerator

Tabung air untuk membantu proses pengolahan limbah menggunakan incinerator

Tabung air untuk membantu proses pengolahan limbah menggunakan incinerator

Dengan penggunaan incinerator diharapkan dapat memproses limbah tidak hanya dari lingkungan kampus IT Telkom Jakarta saja, namun juga sampah dari SMK Telkom yang lingkungannya berada di sebelah kampus IT Telkom Jakarta Kampus A dan kedepannya akan bekerja sama dengan Dinas Pertamanan setempat dalam mengolah limbah organik.

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

ELECTRIC MOTORS IN INDONESIA

The Development of Electric Motors in Indonesia Indonesian Institute of Sciences (LIPI) where the engine driving a conventional car was replaced with an electric motor-powered drive.

Read More »