Pengadaan Hidroponik di Kampus A dan Kampus B ITTelkom Jakarta​

Rencana Kit Hidroponik (Sumber Jirifarm)

Pengadaan Hidroponik di Kampus A dan Kampus B

Rencana Kit Hidroponik (Sumber Jirifarm)

Rencana Kit Hidroponik (Sumber: Jirifarm)

Skema IOT

Skema IOT

Sebagai salah satu anggota UI Green Metric, Institut Teknologi Telkom Jakarta (ITTJ) mengupayakan program green campus dengan melengkapi indikator-indikator penilaian. Terdapat 6 indikator utama yaitu Setting and Infrastructure (SI), Energy and Climate Change (EC), Waste (WS), Water (WR), Transportation (TR) dan Education and Research (ED). Dengan adanya tambahan Kampus B sebagai Gedung operasional IT Telkom Jakarta maka diperlukan kelengkapan-kelengkapan untuk memenuhi penilaian pada indicator Setting and Infrastructure (SI). 

Terdapat 1 indikator pada Setting and Infrastructure (SI) yang menjadi concern di Kampus B, yaitu pada indicator 1.24 mengenai konservasi makanan seperti sayuran dan hewan. Hal ini dikarenakan keterbatasan lahan sehingga tidak adanya sisa ruang sebagai pemanfaatan area taman, dimana lahan terbuka selain area parkir hanya terdapat pada area atap gedung. 

Berdasarkan hal tersebut maka akan dilakukan pemanfaatan area atap gedung sebagai area konservasi tanaman. Untuk itu pada tahap awal akan dilakukan pengadaan hidroponik untuk di gedung B yang akan dilengkapi dengan kit Internet of Things untuk melengkapi indikator 1.24. Peruntukan ini juga diharapkan dapat terus dikembangkan dengan lebih banyak installasi hidroponik dan dapat dijadikan salah satu topik penelitian dibidang Internet of Things, Precission Farming, dan Hydroponic Automation.

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

ELECTRIC MOTORS IN INDONESIA

The Development of Electric Motors in Indonesia Indonesian Institute of Sciences (LIPI) where the engine driving a conventional car was replaced with an electric motor-powered drive.

Read More »