Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)

Tanggal 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). HPSN mengingatkan semua pihak bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama, yaitu dalam hal penanganan dan pengelolaannya yang memerlukan pelibatan seluruh komponen masyarakat.

Konferensi Pers yang diadakan di Jakarta (16/2/2022),  Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (B3), Rosa Vivien Ratnawati menyatakan bahwa tema HPSN tahun 2022 ini menyinergikan tiga program utama Kementerian LHK.

Tema yang akan diambil pada HPSN tahun 2022 adalah “Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim” dimana platform ini menjadi harapan untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong untuk mengendalikan dampak perubahan iklim yang timbul dari sektor sampah di tingkat paling tapak.

Tiga program utama yang disinergikan oleh Kementerian LHK yang sejalan dengan HPSN 2022, yaitu:

  1. Pengelolaan Sampah
  2. Pengendalian perubahan iklim dalam hal pengurangan emisi di program Kampung Iklim (Proklim)
  3. Perhutanan Sosial

“Targetnya seluruh Proklim di Indonesia akan didampingi untuk pengelolaan dan pengurangan sampah hingga dapat berkontribusi dalam penurunan emisi gas rumah kaca sebagai upaya pengendalian perubahan iklim,” demikian disampaikan Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya, Rosa Vivien saat konferensi pers pada 16 Februari lalu.

Terdapat latar belakang sejarah di balik peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Dilansir situs resmi KLHK Sulawesi, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional dilakukan sebagai bentuk pengingat akan peristiwa pada 2005 silam. Kala itu terjadi longsor gunungan sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada 21 Februari 2005. Longsornya gunungan sampah TPA Leuwigajah menimpa perkampungan warga di Cilimus dan Pojok, Jawa Barat. Akibatnya lebih dari 100 nyawa meninggal dunia. Tragedi terjadi akibat tingginya curah hujan dan ledakan gas metana dari tumpukan sampah. 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan pojok) hilang dari peta karena tergulung.

Kami Segenap Tim UIGM ITTelkom Jakarta Mengucapkan Selamat Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)

http://ppid.menlhk.go.id/berita/siaran-pers/6412/peringatan-hpsn-tahun-2022-klhk-sinergikan-tiga-program-utama (Diakses pada tanggal 21 Februari 2022)

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4892538/sejarah-hari-peduli-sampah-nasional-hpsn-yang-diperingati-setiap-21-februari (Diakses pada tanggal 21 Februari 2022)

https://news.detik.com/berita/d-5951329/selamat-hari-peduli-sampah-nasional-yuk-simak-sejarah-di-baliknya (Diakses pada tanggal 21 Februari 2022)

https://greenmetric.ittelkom-jkt.ac.id

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya