Hari Komando Pertahanan Udara Nasional

Hari Komando Pertahanan Udara Nasional atau Kohanudnas diperingati setiap tanggal 19 Februari. Menurut arsip Perpustakaan Nasional, Kohanudnas merupakan komando utama terpenting dalam kekuatan Markas Besar TNI dan TNI Angkatan Udara. Kohanudnas berfungsi sebagai mata dan telinga yang mengawasi berbagai pergerakan pesawat udara yang melintasi wilayah Indonesia. Kohanudnas didirikan pada 19 Februari 1962.

Saat ini Kohanudnas memiliki empat Komando Sektor (Kosek). Terdiri dari: Kosek Hanudnas I Jakarta Kosek Hanudnas II Makassar Kosek Hanudnas III Medan Kosek Hanudnas IV Biak (diresmikan KSAU pada 25 Maret 2004). Sebagai pengawal keamanan wilayah Indonesia, dalam melaksanakan tugasnya Kohanudnas didukung oleh satuan radar TNI AU yang ditempatkan di berbagai daerah. Selain itu Kohanudnas juga telah mengintegrasikan data dari radar-radar sipil di seluruh Indonesia.

Pada awal terbentuknya Kohanudnas, dimulai dengan pembentukan Sektor Operation Center (SOE) pada tahun 1958. SOE terdiri dari beberapa unsur kekuatan yakni Arhanud Angkatan Darat, Pasukan Pertahanan Pangkalan (PPP), Pasukan Penangkis Serangan Udara (PPSU),pesawat Mustang dan pesawat Jet Vampire. Lalu pada tahun 1961, dibentuk juga Komando Pertahanan Udara Gabungan yang terdiri dari tiga Angkatan dan Polri. Pembentukan ini bertujuan untuk melindungi pusat offensif daerah Mandala Yudha di Wilayah Timur Indonesia. Kemudian pada tahun 1962, Presiden atau Panglima Tertinggi Angkatan Perang Republik Indonesia mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor : 8/PLM-PS tanggal 19 Februari 1962 mengenai Pembentukan Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas), pada tanggal terebut kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Kohanudnas.

Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-60 Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) yang jatuh pada tanggal 19 Februari, Kosekhanudnas III sebagai satuan jajaran turut memeriahkan hari jadi Kohanudnas dengan berbagai rangkaian kegiatan sosial dan rangkaian kegiatan Tournament Olah Raga yang dilaksanakan di Makosekhanudnas III, Medan. Panglima mengatakan, dengan berbagai kegiatan sosial yang dilaksanakan, diharapkan kebutuhan akan pelayanan kesehatan masyarakat dan alat bantu kesehatan dapat terpenuhi. Disamping kegiatan sosial, dalam mensukseskan PON ke XXI Tahun 2024 di Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh, Kosekhanudnas III juga melaksanakan Open Tournament Panglima Kosekhanudnas III Cup yang terbagi dalam empat (4) cabang olah raga diantaranya sepak bola, bola volley, tenis lapangan dan panahan. Panglima juga berharap dengan diadakannya open tournament Pangkosekhanudnas III Cup, dapat membina bibit-bibit muda kota Medan sekitarnya untuk berprestasi ditingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional.

Selamat Hari Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) Tahun 2022 !

https://tni-au.mil.id/memeriahkan-hut-ke-60-kohanudnas-kosekhanudnas-iii-laksanakan/ (Diakses Pada Tanggal 18 Februari 2022)

https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/citizen/pr-703763215/sejarah-hari-komando-atau-kohanudnas-yang-diperingati-pada-19%20ferbruari (Diakses Pada Tanggal 18 Februari 2022)

https://tirto.id/sejarah-hari-komando-pertahanan-udara-nasional-19-februari-2022-go2E (Diakses Pada Tangal 18 Februari 2022)

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya